Sistem Kerja dan Fungsi Jantung yang Sehat

Manfaat jantung yang mutlak adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Sebagai alat transportasi dalam tubuh, darah bertugas mengangkat nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh, sekaligus mengangkut zat-zat sisa.  Jantung dan pembuluh darah membentuk sistem kardiovaskular untuk memastikan kelangsungan nasib kita.

Sistem Kerja dan Fungsi Jantung yang Sehat

Jantung yang normal dan sehat didukung oleh jaringan otot yang kuat dan bekerja dengan baik dalam memompa darah. Jantung yang berdetak dengan cara semakin menerus dalam memompa darah, sanggup mengalirkan lebih dari 14.000 liter darah per hari.

Jantung manusia yang ukurannya hampir sebesar kepalan tangan, terbagi menjadi empat tahap, yaitu serambi kanan dan kiri, dan bilik kanan dan kiri. Tiap ruangan jantung ini dipisahkan oleh lapisan dinding yang disebut septum.

Darah dipompa melalui tahap-bagian tersebut. Untuk memastikan alur ajaran darah, tersedia katup-katup yang bisa membuka dan menutup. Semua katup tersebut bertugas menjaga darah mengalir ke arah yang benar. Tersedia empat katup pada jantung, yaitu:

    Katup mitral, berada di antara serambi kiri dan bilik kiri. Katup ini normalnya mempunyai dua daun katup, sebabnya disebut juga katup bikuspid.

    Katup aorta, berada di antara bilik kiri dan aorta alias batang nadi.

    Katup tipsuspid, berada di antara serambi kanan dan bilik kanan, dan mempunyai tiga daun katup.

    Katup pulmonalis, berada di antara bilik kanan dan arteri pulmonalis.

Manfaat Jantung Berdasarkan Tahap-bagiannya

Tiap tahap dari anatomi jantung mempunyai manfaatnya masing-masing. Berikut adalah penjelasannya dengan cara lebih mendetail.

    Serambi kanan
    Di dalam serambi kanan tersedia darah kotor. Darah kotor adalah darah yang miskin oksigen, memasuki serambi kanan melalui vena cava superior dan inferior. Dari serambi kanan, darah dipompa ke bilik kanan. Pada jantung janin, tersedia celah di serambi kanan untuk memungkinkan darah mengalir dengan cara langsung ke serambi kiri. Faktor ini penting untuk sirkulasi janin, sebab paru-paru janin belum sanggup bekerja, jadi janin bakal mengambil darah bersih yang kaya oksigen langsung dari ibu. Seusai lahir, paru-paru bayi mengembang dan mulai bermanfaat. Celah tersebut bakal tertutup dan membikin batasan antara serambi kanan dan kiri.

    Bilik kanan
    Ini adalah tahap yang bertanggung jawab memompa darah kotor ke paru-paru supaya karbon dioksida bisa ditukar dengan oksigen melalui proses pernapasan. Bilik berada di bawah serambi kanan dan di samping bilik kiri.
    Darah kotor yang mengalir melalui serambi kanan bakal melalui katup tipsuspid untuk hingga di bilik kanan. Darah ini kemudian dipompa menuju paru-paru melalui katup pulmonalis dan berlangsung melalui arteri pulmonalis.
    Bila tahap jantung ini tak bermanfaat dengan baik, jadi tak bisa lagi memompa dengan cara efisien, Kamu bisa mengalami gagal jantung kanan.

    Serambi kiri
    Tahap ini bertanggung jawab menerima darah bersih dari paru-paru. Darah bersih adalah darah yang mengandung oksigen. Darah bersih masuk ke serambi kiri melalui pembuluh balik alias vena pulmonalis. Darah ini kemudian dipompakan ke bilik kiri melalui katup mitral.

    Bilik kiri
    Bilik kiri jantung terletak di bawah serambi kiri dan dipisahkan dengan katup mitral. Bilik kiri adalah tahap jantung yang paling tebal dan bertugas memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Kondisi tekanan darah tinggi bisa menyebabkan otot bilik kiri membesar dan mengeras, sebab bertambahnya beban kerja bilik kiri jantung dalam memompa darah. Bila faktor ini terjadi semakin menerus, manfaat bilik kiri dalam memompa darah ke seluruh tubuh bisa terganggu.

Demikian pentingnya manfaat jantung, maka telah sepatutnyalah kami menjaganya dengan menerapkan pola nasib sehat, antara lain dengan tak sedikit mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, selalu berolahraga, dan yang khususnya adalah tak merokok. Apabila Kamu mengalami gangguan pada manfaat jantung, segera periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Flu dan Batuk Pilek, serta Cara Mencegahnya

Tidak Suka Obat Kimia Untuk Mengusir Dahak, Solusinya di Sini

Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran