Inilah Penyebab Kaki Kram dan Cara Menanganinya

Penyebab kaki kram ada bermacam-macam, mesikipun terkadang kaki kram juga bisa terjadi tanpa diketahui penyebab tentunya. Kaki kram umumnya dikarenakan oleh cedera saat berolahraga, gangguan sirkulasi darah di tungkai alias kaki, kehamilan, dehidrasi, ketidak lebihan asupan mineral tertentu, ataupun suhu dingin.
 
Inilah Penyebab Kaki Kram dan Cara Menanganinya

Kram otot, baik yang terjadi pada area kaki alias area lainnya, adalah kontraksi alias menegangnya otot dengan kuat serta dengan cara tiba-tiba. Kram bisa berjalan selagi beberapa detik sampai beberapa menit, serta umum terjadi pada kaki. Kram kaki di malam hari tak jarang kali tentang otot betis, serta biasanya terjadi ketika Kamu baru saja tertidur alias baru terbangun.

Beberapa Penyebab Kaki Kram

Berikut adalah beberapa penyebab serta faktor risiko kaki kram:

    Tekanan kepada saraf
    Tekanan pada saraf tulang belakang bisa membikin kaki kram serta terasa nyeri, yang bisa memkurang baik makin lama Kamu berjalan. Berjalan dengan posisi sedikit membungkuk ke depan biasanya bisa meringankan nyeri.

    Suplai darah yang tak memadai
    Penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki Kamu bisa memunculkan nyeri, umpama kram di kaki saat Kamu sedang berolahraga. Kram ini biasanya hilang dengan cepat seusai Kamu beristirahat.

    Kehamilan
    Kondisi kram telah biasa terjadi pada bunda hamil, khususnya saat bulan-bulan terbaru kehamilan. Kemungkinan faktor ini terjadi oleh sebab ketidak lebihan kalium serta magnesium, alias sebab ajaran darah ke kaki yang tak lebih lancar.

    Cedera
    Mengalami cedera alias memakai otot dengan cara berlebihan juga bisa menyebabkan kram kaki. Terlalu lama duduk, berdiri terlalu lama di atas permukaan yang keras, alias meletakkan kaki pada posisi yang tak enjoy selagi tidur juga bisa membikin otot kaki menegang alias kram. Tak lebih pemanasan sebelum berolahraga juga tak jarang menyebabkan kaki kram.

    Ketidak lebihan mineral
    Ketidak lebihan mineral, semacam kalium, kalsium, serta magnesium, bisa menyebabkan kaki kram.

    Dehidrasi
    Dehidrasi, yaitu kondisi di mana tubuh ketidak lebihan cairan, juga bisa memicu kram kaki. Dehidrasi berat bisa menyebabkan gangguan elektrolit yang kemudian menyebabkan kaki kram.

    Efek samping dari obat-obatan
    Obat-obatan semacam pil kontrasepsi, obat antrikikotik, diuretik, statin, obat asma, serta kortikosteroid juga bisa menambah risiko mengalami kram.

    Infeksi
    Infeksi, umpama tetanus, bisa menyebabkan kaku otot serta kram.

    Penyakit hati
    Penyakit yang melibatkan organ hati bisa menyebabkan kram pada kaki. Ketika organ hati tak bisa bekerja dengan baik, racun di dalam darah bakal meningkat serta bisa membikin otot kram.

    Kondisi medis lainnya
    Penyakit ginjal, penyakit tiroid, diabetes, alias persoalan ajaran darah (penyakit arteri perifer) juga berisiko menambah terjadinya kram.

Begini Tutorial Menanganinya

Cara yang bisa diperbuat untuk menangani kram, antara lain adalah:

    Hentikan aktivitas serta lemaskan otot
    Perbuatlah peregangan ringan, umpama dengan menggerakkan kaki alias berjalan perlahan-lahan.

    Pijat
    Memijat tahap otot yang menegang bisa menolong meredakan kram. Tetapi, jangan memijat kaki kram terlalu kencang sebab bisa memengaruhi kelancaran ajaran darah.

    Kompres
    Kompres alias mandi dengan air panas bisa menolong mangatasi kram. Tetapi, tutorial ini tak dianjurkan bagi penderita diabetes alias cedera saraf tulang belakang. Tidak hanya itu, mengombinasikan kompres hangat dengan kompres dingin juga bisa menolong meringankan kaki kram.

    Minum air putih
    Minum air putih alias minuman yang mengandung elektrolit, untuk mengisi cairan tubuh. Tutorial ini mungkin membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, tetapi bisa mencegah terjadinya kram lebih lanjut.

    Konsumsi makanan kaya magnesium
    Konsumsilah makanan semacam kacang-kacangan serta biji-bijian, yang kaya bakal magnesium, bila Kamu tak jarang mengalami kram kaki yang tak terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. Bila butuh, Kamu bisa mengonsumsi suplemen magnesium. Tetapi untuk bunda hamil, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsi suplemen ini.

    Gunakan obat-obatan pereda sakit
    Kamu bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, semacam paracetamol alias gel penghilang nyeri, sesuai petunjuk pemakaian.

Untuk mencegah kram datang lagi, cobalah untuk sesekali meperbuat pijatan dibagian tubuh yang tak jarang kram, meperbuat pemanasan sebelum berolahraga, mencukupi kebutuhan air putih serta mineral semacam kalsium, magnesium, serta lainnya. Tidak hanya itu, pakailah alas kaki yang pantas serta enjoy untuk bergerak. Apabila keluhan kaki kram tak jarang timbul tanpa diketahui tentu penyebabnya, sebaiknya Kamu berkonsultasi ke dokter.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Flu dan Batuk Pilek, serta Cara Mencegahnya

Tidak Suka Obat Kimia Untuk Mengusir Dahak, Solusinya di Sini

Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran